Sejarah Radio Online

Sejarah Radio Online

Siaran komersial awal dalam format radio tradisional telah terjadi sejak tahun 1920-an. Siaran radio eksklusif internet live pertama adalah grup rock berbasis di Seattle, Sky Cries Mary, dan berlangsung pada 10 November 1994. Itu disiarkan oleh Starwave yang dimulai oleh media digital milik Paul Allen.

Selama bulan yang sama, hanya seminggu kemudian Rolling Stones mengadakan konser yang merupakan "konser multicast maya besar pertama."

Juga selama bulan yang sama WXYC adalah stasiun radio tradisional pertama yang mengumumkan penyiaran di internet. WXYC telah mulai menguji bandwidth dan penyiaran pada bulan Agustus 1994. Pada hari yang sama WREK menggunakan perangkat lunak CyberRadio1 mulai mengalirkan peluncuran beta mereka dan iklan aliran mereka tidak terjadi hingga nanti.

Pada tahun 1995 unduhan gratis bernama RealAudio dirilis oleh Progressive Networks. Dilaporkan oleh majalah Time bahwa itu mengambil "keuntungan dari kemajuan terbaru dalam kompresi digital" dan menyampaikan "suara berkualitas radio AM dalam apa yang disebut real time." Tak lama setelah Nullsoft dan Microsoft merilis unduhan gratis pemutar audio dengan kemampuan streaming. Semakin banyak stasiun radio online mulai bermunculan sebagai perangkat lunak pemutar audio menjadi lebih mudah tersedia.

Salah satu stasiun radio internet 24-7 Amerika paling awal yang dilisensikan oleh BMI dan ASCAP adalah Sonicwave.com, yang dibuat oleh Edward Lyman.

Pada tahun yang sama stasiun radio pertama di Eropa untuk menyiarkan program tradisionalnya di internet secara penuh adalah Virgin Radio di London. Itu tersedia 24 jam sehari dan merupakan versi live dari sinyal FM-nya.

Pada akhir 1990-an, radio internet mulai menarik perhatian investor dan media yang besar. Di Amerika Serikat pada tahun 1998 Broadcast.com menetapkan rekor di awal penawaran saham publik untuk lonjakan harga terbesar dalam penawaran saham. Harga penawaran adalah $ 18, sedangkan harga pembukaan untuk saham adalah $ 68 saat perdagangan dibuka pada hari pertama. Ini lebih mengejutkan mengingat bahwa perusahaan kehilangan uang pada saat itu dan mereka sendiri telah menyatakan di salah satu prospektus mereka bahwa mereka tidak mengharapkan perubahan total dalam waktu dekat. Pada 20 Juli 1999, Yahoo membeli perusahaan itu seharga $ 5,7 miliar.

Pada tahun 1998 di Sydney, Australia NetFM's The Vinyl Lounge (acara radio internet terpanjang yang berjalan) memulai casting bersih.

Setelah tahun 2000 kualitas aliran meningkat karena bandwidth menjadi lebih murah dan saat ini sebagian besar stasiun mengalirkan antara 64 kilobit per detik dan 128 kilobit per detik yang mendekati radio berkualitas CD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *